Bingung Cara Menentukan Harga Jual Produk? Baca Artikel Ini

 Saat membuka bisnis baru, biasanya Anda terkendala dalam menentukan harga jual produk. Apakah harga yang Anda pasang terlalu mahal? Atau malah terlalu murah?

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk?
Image by jcomp on Freepik

Menentukan harga jual produk yang tepat merupakan salah satu kunci sukses berbisnis. Hal ini dikarenakan harga jual produk langsung berhubungan dengan pasar dan konsumen. Jadi, bagaimana cara menentukan harga jual produk yang tepat? 

Apa Saja Pertimbangan dalam Menentukan Harga Jual Produk?

Penentuan harga jual produk krusial dalam menentukan kesuksesan bisnis. Berikut ini poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Tentukan Konsumen dan Pasar

Pertama, Anda harus mengetahui siapa konsumen dan target pasar. Target konsumen disini seperti anak kos, anak kecil, pria berkeluarga, dan sebagainya. Jika perlu, lakukan survei konsumen agar Anda mendapat gambaran yang lebih representatif mengenai tingkat perekonomian konsumen.

Selain itu, ketahui juga dimana pasar Anda menjual, apakah di kota, desa, dan sebagainya. Kondisi ekonomi lokasi setempat juga penting menjadi pertimbangan.

2. Hitung Biaya Produksi

Selanjutnya, hitung biaya yang Anda keluarkan hingga produk siap dijual. Biaya tersebut meliputi biaya produksi, pengiriman, tenaga kerja, promosi, dan logistik. 

3. Hitung Target Pendapatan

Setelah memiliki data biaya produksi, Anda mulai bisa meraba harga jual produk dengan menghitung target margin laba. Tidak perlu memasang margin terlalu besar asal bisnis bisa berputar. Pendapatan bisnis Anda akan besar dengan dua cara: menjual produk skala besar atau memasang harga jual tinggi.

4. Kenali Harga Kompetitor

Jangan lupakan faktor dari kompetitor, harga pesaing juga perlu menjadi pertimbangan. Ingat, Anda sedang berebut konsumen di pasar. Jangan sampai usaha Anda ditinggal pembeli karena memasang harga yang terlalu tinggi. Pelajari harga kompetitor dan alasan mereka menetapkan harga tersebut.

Unsur yang Menentukan Harga Jual Produk

Berikut ini unsur harga intrinsik yang perlu dihitung sebelum menentukan harga jual produk:

1. Harga Bahan Baku

Harga bahan baku adalah kebutuhan dasar, jangan memilih barang baku murah agar kualitas produk tetap terjaga. Salah satu langkah untuk mengakali harga bahan baku adalah membeli bahan dalam kuantitas besar. Hitung juga ongkos kirim jika Anda membeli bahan baku dari kota lain.

2. Upah Pegawai

Upah pegawai berbanding lurus dengan waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu produk. Pastikan Anda mengikuti aturan pembayaran upah minimum di daerah bisnis Anda. Ikuti aturan yang berlaku agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. 

Jika bisnis Anda belum terlalu besar, Anda bisa mencari informasi mengenai besaran upah pegawai yang sesuai.

3. Biaya Operasional

Biaya operasional disini meliputi biaya promosi, pengiriman, sewa, dan penyusutan. Komponen biaya ini lumayan bisa diutak-atik. Misalnya, Anda bisa melakukan promosi di media sosial agar tidak mengeluarkan biaya terlalu besar.

Strategi Menaikkan dan Menurunkan Harga

Menaik-turunkan harga merupakan praktik bisnis yang lumrah terjadi. Berikut ini penjelasan lebih rinci:

1. Menaikkan Harga

Bisnis yang baik adalah bisnis yang terus berinovasi. Tidak jarang hal ini bisa mengakibatkan kenaikan harga jual produk. Misalnya, Anda melakukan inovasi dengan menambah keju mozzarella pada ayam geprek, sehingga harga jual juga ikut naik.

Kenaikan harga adalah hal yang pasti terjadi karena adanya inflasi. Lambat-laun, harga bahan pokok akan mengalami lonjakan, sehingga berimbas pada kenaikan harga barang lainnya. Jangan sampai Anda menahan harga sehingga malah mengorbankan kualitas produk.

2. Menurunkan Harga

Jangan serta-merta menurunkan harga jual produk, kemas ini dalam bentuk diskon atau memberi hadiah kepada konsumen. Teknik ini dipercaya bisa menarik minat pembeli yang lebih luas karena semua orang suka barang gratis.

Menentukan Harga Pokok Penjualan

Harga pokok penjualan (HPP) ialah keseluruhan biaya yang dikeluarkan hingga barang dan jasa siap dijual. HPP meliputi harga bahan baku, upah tenaga kerja, dan biaya operasional. 

Menentukan Harga Jual

Harga jual produk adalah HPP ditambah margin. Adapun margin disini biasanya dibuat dalam persentase. Misalnya, untuk 100 piring ayam geprek butuh HPP Rp 1.000.000 dan Anda menginginkan margin 15%.

Maka harga jual = Rp 1.000.000 + (Rp 1.000.000 x 15%) = Rp 1.150.000

Dengan begitu, harga setiap porsi ayam geprek = Rp 1.150.000 / 100 = Rp 11.500

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap OSN SMA Tahun 2025

Soal OSNK OSNP Kebumian SMA Tahun 2024 PDF dan Kunci Jawaban (Download)

Soal OSNK OSNP Kimia SMA Tahun 2024 PDF dan Kunci Jawaban (Download)